Mari Meningkatakan Kewaspadaan Dini dari Penyakit Kanker Otak

Terasa setelah tiada mungkin itu kata yang agak cocok untuk memperingati kita tentang kanker otak baru-baru ini ada seorang artis terkenal meninggal karena kanker otak, baru masyarakat ramai mencari tau apa itu kanker otak? Apa penyebabnya? Apa gejalanya? Bagaimana menanggulangi kanker otak? Makanan apa saja yang bisa menyebabkan kanker otak, masyarakat lebih awareness ketika sudah timbul korban.Maka dari itu disini kami juga akan membahasas apa-apa yang disebutkan diatas, yuk kita simak.

Apa itu kanker otak?

Kanker otak yaitu tumbuhnya sel tidak normal atau tumor pada otak yang bersifat ganas.Sel-sel kanker dapat menguasai serta mengambil ruang, darah, dan nutrisi dari sel sehat dalam tubuh.

Kanker otak ini juga dapat terjadi pada semua umur makanya perlu waspada dini.Menurut WHO penderita kanker baru pada 2018 di indonesia mencapai 350 ribu dan dari itu indonesia menempati peringkat ke-17 dengan penderita 5000 orang yang terdampak kanker otak

Gejala-gejala kanker otak?

Gejala kanker otak itu berbeda-beda tergantung 3 faktor yaitu ukuran, letak, dan tingkat perkembangan tumor.Gejala dapat muncul ketik tumor membesar sehingga memenuhi ruang dalam rongga kepala atau tumor timbul menekan bagian lain dari otak sehingga menganggu fungsinya.

Gejalanya yang sering biasanya ditandai sebagai berikut:

  • Sakit kepala berulang yang semakin sering terjadi,
  • Kejang,
  • Pandangan Kabur,
  • Mual dan muntah,
  • Rasa tidak enak badan,
  • Sering mengantuk,

Dan masih banyak lagi gejalanya dari tempat timbulnya tumor otak dan agar lebih jelasnya dapat bertanya kepada dokter spesialis.

Penyebab kanker otak?

Penyebab kanker otak antara lain:

  • Pola hidup tidak sehat dan merokok
  • Radiasi pada kepala,
  • Memiliki penyakit genetik,
  • Menderita HIV/AIDS,
  • Obesitas
  • Hidup di daerah yang tingkat polusi tinggi dan pencemaran lingkungan juga tinggi,
  • Riwayat kanker dalam keluarga

Diagnosis kanker otak?

Dokter dapat mencurigai pasien menderita kanker otak melalui pemeriksaan fisik terutamanya pemeriksaan saraf dan juga melalui pemeriksaan penunjang seperti Tes darah lengkap, CT Scan-MRI-PET Scan (Tes pemindaian pada otak), Tes Biopsi Otak yaitu mengambil sampel jaringan untuk di periksa dengan mikroskop.

Pengobatan kanker otak?

Beberapa faktor berikut adalah tolak ukur dilakukannya pengobatan kanker ota, yaitu usia dan kondisi kesehatan penderita secara umum, juga lokasi, ukuran, dan jenis tumor.Pilihan tindakan nya antara lain :

Operasi, hal ini dilakukan untuk mengangkat sebanyak mungkin sel tumor dan meredakan gejala kanker otak adapaun metodenya yaitu Kraniotomi, Neuroendoskopi , dan operasi melalui hidung

Kemoterapi, terapi ini memasukkan obat anti kanker kedalam tubuh untuk membunuh sel kanker.Terapi ini biasanya dilakukan paska operasi agar tumor tidak muncul kembali.Kemoterapi bisa berupa tablet, kapsul yang diminum dan suntikan cairan pada tulang belakang, otak dan pembuluh darah vena.

Radioterapi, untuk penggunaanya sinar radioterapi yang berenergi tinggi akan diarahkan ke tumor guna menghambat dan menghentikan pertumbuhanny. Radioterapi pun bisa dilakukan internal maupun eksternal.

Disini peran keluarga dan teman sangat penting dalam membantu penyembuhan penderita. Terutama Doa dan berserah diri kepada sang Pencipta yang dapat membantu penderita kanker otak secara mental juga spiritual.