Tetap Sehat Walau di Selimuti Polusi Udara

Polusi udara atau pencemaran udara tidak dapat di hindari lagi di jaman dimana kendaraan bermotor berkembang dan bertambah semakin banyak,belum lama ini juga banyak beredar berita bahwa Jakarta menempati urutan nomor 1 sebagai kota dengan tingkat polusi udara terburuk di asia, tentunya kita harus tau bagaimana menjaga kesehatan saat polusi udara mulai menyebar. Berjaga-jaga juga agar peristiwa polusi udara Jakarta tidak terulang di kota kita, nah ini beberapa cara tetap sehat di kondisi udara yang berpolusi :

1.Memperindah rumah dengan tanaman rumahan

Banyak jenis tanaman rumah yang indah di pandang juga memiliki manfaat menjernihkan udara untuk melawan polusi udara. Banyak Penelitian Juga menyebutkan tanaman rumahan dapat menangkal efek dari racun dan membantu kita yang memiliki sakit pernapasan.

2.Membuat lubang rapat untuk ventilasi udara

Daripada kita kerepeotan membuka jendela dan udara kotor masuk ke dalam rumah alangkah baiknya membuat ventilasi udara dengan lubang yang rapat agar menjernihkan udara bisa juga di tambah dengan exhaust fan agar polusi udara di dalam ruangan di dorong keluar.

3.Menggunakan masker saat keluar ruangan

Masker adalah benda yang dicari ketika datang polusi udara, maka dari itu saat keluar ruangan jangan terlupa untuk menggunakan masker. Masker yang di jual umum pun tidak semua bisa menangkal Polusi Udara 100 persen, pilihlah masker yang  tepat contohnya saja masker yang dapat menghalau partikel udara kotor terkecil yang tepat di gunakan ketika keluar ruangan yaitu Masker N95, jangan gunakan masker hijau bedah yang eksis dipakai para driver ojek online karena masker itu tidak dapat menyaring partikel terkecil pada polusi udara.

4.Menjaga makanan dan atur pola makan

Pilihlah makanan yang sehat dan kaya gizi seperti bayam, brokoli, tomat, alpukat, kunyit, minyak zaitun dan masih banyak lagi. Beberapa makanan diatas di yakini memiliki kandungan yang baik untuk paru-paru dan berfungsi untuk menjaga paru-paru juga. Pola makan yang baik harus dijaga juga dengan memasukkan beberapa bahan makananan yang disebutkan diatas tadi karena jika polusi udara masuk melalui pencernaan maka akan terjadi radikal bebas yang dapat menimbulkan berbagai macam penyakit.

5.Hindari jalan macet

Makin banyak kendaraan maka makin banyak volume udara yang tercemar ini di sebabkan oleh asap kendaraan bermotor yang tidak lain dan tidak bukan sebagai salah satu penyebab besar dari pencemaran udara. Carilah Jalan-Jalan pintas untuk menghindar asap kendaraan bermotor dan stress yang muncul saat macet dapat memicu hal-hal yang buruk bagi tubuh.

6.Pantauan kualitas udara harus selalu update !

Memiliki aplikasi untuk memantau kualitas udara merupakan hal tambahan yang tidak penting tapi termasuk perllu dilakukan saat kondisi kualitas udara buruk, aplikasi yang disarankan yaitu AirVisual. Tidak ada salahnya gawai cerdas kita luangkan sedikit tempat penyimpanannya untuk aplikasi yang penting untuk kesehatan kita, untuk memantau saat ingin olahraga atau beraktifitas di luar ruangan jadi Tidak khawatir dan bisa tenang dengan kondisi polusi udara yang tidak terlalu tinggi yang di pantau melalui aplikasi tersebut.

Itu tadi beberapa cara agar tetap sehat walau di selimuti polusi udara, sehat secara lingkungan dan fisik dapat menyebabkan tenang ketika polusi udara tiba-tiba datang. Semoga bermanfaat dan dapat di praktekkan ya. Salam sehat !